Kaspri (software pengganti buku kas )


Bagi seorang pengusaha, manajemen keuangan sangat dibutuhkan demi kemajuan usahanya. Bahkan tidak cuma pengusaha dalam lingkup rumah tangga, manajemen keuangan dari seorang ibu rumah tangga sangat diperlukan untuk mengatur keuangan rumah tangga. Seorang ibu rumah tangga yang baik (muslimah), akan memanajemen keuangan dengan sebaik-baiknya. Gimana uang dari suami biar bisa dibelanjakan dengan benar dan pas atau bahkan sisa untuk kebutuhan sehari-hari hidup rumah tangga.
Ehmmm…keuangan yang selama ini dicatat pake buku kadang dianggap kurang praktis dan boros kertas.
Nah bagi yang dah punya komputer/laptop dan lainnya, coba nih software pengganti buku kas.
(Penting juga lho bagi muslimah yang sholehah lho) ^^

Apa Itu Software Kaspri ?
Bagi anda yang biasa mencatat pengeluaran (dan pemasukan) uang setiap hari tentunya akan tahu betapa pentingnya kita melakukan pencatatan. Karena dengan begitu kita tahu persis tanpa repot2 mengingat apa saja pengeluaran dan pemasukan uang kita, dan itu memudahkan analisa mana pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu dan tahu apa saja pengeluaran primer (wajib) yang sudah maupun yang belum.
Software kaspri – selain sebagai pencatatan, dilengkapi dengan anggaran atau budget, yaitu sebagai perencanaan penerimaan dan pengeluaran. Sehingga kita bisa memprediksi berapa kelebihan maupun kekurangan uang dalam bulan berjalan.
Bukan itu saja kaspri bisa sangat membantu untuk mengetahui setiap saat saldo uang kas, uang di bank, pemakaian kartu kredit, hutang, piutang dan investaris barang-barang yang kita miliki. Karena seain buku kas, kita tersedia juga modul buku bank, mutasi kartu2 kredit, hutang, piutang dan inventaris barang (asset).Jadi kita bisa lebih baik mengatur keuangan diri sendiri,

kita bisa mengetahui naik-turunnya pendapatan/pengeluaran – dengan bantuan kaspri diharapkan kita tidak belanja sesuatu melebihi batas kemampuan yang sudah di anggarkan dan kita jadi sadar batas kemampuan keuangan (persisnya) setiap saat.
Menarik bukan ?

Apa yang bisa dilakukan dengan Kaspri ?

1.Buku Kas
Modul ini dibuat menyerupai pencatatan manual, yaitu hanya mengenal “Pengeluaran & Penerimaan” kas – dimana dengan software, kita bisa membatasi – kapan saja yg mau kita lihat, misalnya 1 hari saja, seminggu atau sebulan.. bebas, juga kita bisa membalik urutan atas bawah atau sebaliknya, dan semua diikuti dengan saldonya. Untuk pertama kali memulai mencatat, kita mulai dengan hal yg sederhana.. mis: Saldo Awal .. lalu diisi uang kita saat ini. Selanjutnya setiap pengeluaran dan penerimaan di catat sesuai dengan tanggal hari dan jam kejadiannya.

2.Buku Bank.
Modul ini untuk mencatat – penerimaan/pengeluaran yang terjadi dalam rek bank kita, baik tabungan, rek koran, atau deposito yang kita miliki. Sama seperti buku kas, tetapi kita harus mencatatnya pada detail Bank yang bersangkutan.

3.Kartu Kredit
Modul ini untuk mencatat, apa saja kartu kredit yang kita miliki – untuk kemudian kita masukan masing-masing transaksinya. Setiap bulan pemilik kartu kredit akan menerima Laporan penggunaan dan setoran serta biaya bunga, biaya administrasi dsbnya, sehingga kita bisa mencocokan dengan tagihan tsb. Dengan pencatatan yang lengkap, maka kita akan tahu selama memiliki kartu kredit berapa biaya bunga maupun admin yang kita tanggung,
Dan diharapkan adanya data yang lengkap kita bisa lebih bijak dan berhati-hati dalam penggunaan kartu tsb.

4.Hutang
Apabila kita meminjam uang, maka pihak yang memberikan pinjaman disebut kreditur. Mis kita meminjam KTA, atau menggadaikan barang atau kita pinjam dengan tetangga, teman atau saudara.. maka mereka pihak yang memberikan pinjaman dimasukan dalam sheet lembar Kreditur. Dalam hal deposit, juga bisa diperlakukan sebagai kreditur. Setiap pinjaman yang diberikan oleh kreditur dimasukan daam sheet (lembar) kedua yaitu data pinjamannya,
Sheet ketiga digunakan untuk mencatat rincian penyelesaian Hutang. Sehingga kita akan tahu berapa sisa hutang dari masing2 pinjaman, berapa sisa hutang kita pada tiap kreditur.

5.Piutang
Pada dasarnya Piutang adalah kebaikan dari Hutang. Kitalah yang meminjamkan uang – dan pihak yang kita pinjuamkan disebut Debitur. Cara pengisian datanya sama. Disediakan 3 sheet (lembar) yang saling berhubungan, dimana lembar pertama diisi daftar debitur – lembar kedua data pinjaman – lembar ketiga rincian penyelesaian masing2 pinjaman.

6.Assetku
Dengan modul ini, kita dapat menginventaris semua barang kita dengan mudah. Kita bisa membuat keompok2 barang sesuai dengan keinginan kita, mis: Kelompok Buku, elektronik, Fashion, Kendaraan, Handphone dsbnya,
Lalu setiap kelompok tersebut diisi dengan detail masing2 barang yang kita miliki, spt tgl perolehan asal barang dan kondisi barang.

Apakah hanya itu kemampuan Kaspri ?

Masih ada lagi. Kaspri dilengkapi juga dengan tools-tools keuangan yang unik dan menarik.

1.Rumus Hitung Bunga Dasar
Anda bisa mencari Nilai Mendatang (FV=Future Value), atau Nilai Kontan (PV=Present Vaule) atau Tingkat Suku Bunga (i=Interest) atau Jangka Waktu/Periode (n=Freq). Secara Fleksible dapat membantu melakukan perhitungan secara Instan.

2.Mencari suku bunga Angsuran.
Apabila kita hendak membeli barang dengan cara Angsuran, maka besarnya Angsuran tersebut di bandingkan dengan nilai barang yang dibayar “Kontan” dapat menghasilkan “% Tingkat Suku Bunga” yang kita tanggung. Program ini menghitung tingkat suku bunga sangat presisi, sehingga anda bisa menjadi ahli Finance untuk diri anda sendiri.

3.Hitung Angsuran atas Pinjaman.
Ini kebalikannya, apabila Anda ingin memprediksi berapa Angsuran yang akan dibebankan atas pembeian suatu barang, maka Tools ini membantu menghitung “Rp Angsurannya”.

4.Simulasi Penyediaan Kas Ideal.
Untuk memenuhi menyediakan uang dalam bentuk TUNAI, kadang cukup merepotkan dalam menentukan jumlah per lembar nominal yang harus disediakan. Misalnya anda membayar upah harian 15 orang yang masing2 di bayar antara 65 ribu s/d 115 rb, berapa lembar nominal 100 rb 50 rb 20 rb 10 rb 5 rb yang harus anda sediakan sehingga habis tanpa perlu tukar sana – tukar sini? nah tools ini sangat membantu untuk kasir yang membayar pecahan2 yang sering merepotkan.

5.Arsip Mutasi BCA (klikBCA.com)
Bagi yang menggunakan KlikBCA, pasti tahu ada limit 31 hari dari tanggal hari ini untuk melihat mutasi. Bagaimana caranya supaya kita bisa memiliki data yang lengkap ? tools ini membantu mengarsipkan hasil download file csv yang dihasilkan dari mutasi KlikBCA. Sehingga Arsip anda bisa terkumpul lengkap tanpa kuatir lagi dengan batasan mutasinya yang 31 hari.

Silahkan Download disini

Sebagai Free User Kaspri bisa digunakan 100% tanpa batas dan full fitur (kecuali password.)

Untuk memiliki password, kaspri anda mesti memiliki kode aktifasi/license. Harga License Rp 100.000,- /Komputer

Untuk informasi lebih lanjut, dapat sms ke 08.99999.4688 (richard)
Sumber : http://kaspri.blogspot.com/

MOga bermanfaat bagi pengusaha, calon pengusaha, muslimah (ibu rumah tangga), dan lainnya….Jangan lupa kasih komentar ya…^^

2 Tanggapan

  1. Kalo Bank Muamalat bisa gak?

    • kang ichsan ga tau e….mas tanya langsung aja ke pembuatnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: