PERSYARATAN PINDAH PENDUDUK


Bismillah, Alhamdulillah setelah sekian lama tidak menulis di blog tercinta ini, akhirnya atas izin Allah saya mau berbagi tips mengurus Pindah Penduduk. Dikarenakan (alhamdulillah) saya sudah menikah dan istri mulai ada tanda tanda kehamilan (semoga kelak lahir dengan selamat, sehat bayinya dan ibunya) akhirnya setelah sekian lama KTP belum diambil (masih disita di Kecamatan karena mau nikah) tibalah waktunya untuk mengurus data administrasi negara (biar jadi warga negara yang baik he he).

Karena istri saya berasal dari kebumen, hal yang pertama saya lakuin adalah memohon bantuan mertua tercinta untuk mengurus surat2x perpindahan istri saya dari kebumen. Dari sana diberi dua amplop (satu amplop untuk catatan sipil dan satu amplop untuk desa). Karena batas waktu pengurusan maksimal 1 bulan dari pembuatan surat pindah, akhirnya kemarin Senin, 27 Oktober 2015 saya bersama bapak tercinta langsung ke catatan sipil (setelah konsul dengan pak dukuh Siwalan). Di sana qodarullah listrik mati dan ternyata syarat-syarat yang sudah saya persiapkan masih kurang (KTP Asli Istri, FC Ijazah dan Akta yang mau pindah.)

Alhamdulillah dari pengalaman kemarin saya akan berbagi sedikit tips (semoga membantu dan bermanfaat).

Siapkan syarat/berkas-berkas yang dibutuhin diantaranya :

  1. Surat Keterangan Pindah WNI (dari daerah Asal)
  2. Biodata Penduduk (yang mau pindah)
  3. KTP Asli dari daerah Asal (atau surat pernyataan ktp telah ditarik di capil setempat plus cap)
  4. Foto copy akta kelahiran
  5. Foto copy surat nikah
  6. Foto copy ijazah terakhir
  7. Foto Copy KK yang ditumpangi (mertua, saudara dll)
  8. Pas foto 3×4 dua lembar
  9. Surat Kuasa (jika menguasakan)
  10. Foto copy KTP yang diberi kuasa.
  11. Surat Permohonan Pindah Penduduk

Setelah lengkap berkasnya datang ke catatan sipil.

Alur pengurusan KK-KTP baru adalah = Catatan Sipil (mengurus surat pindah) kemudian Desa yang akan pindah setelah Desa baru ke Kecamatan untuk pembuatan KTP dan KK Baru.

Agar hemat foto copy dan foto disiapkan saja dari rumah. (Foto copy lebih murah di luar, Foto bisa lewat HP aja lebih murah he he)

Untuk pengurusan KK daerah Istimewa Yogyakarta atau Kabupaten Kulon Progo pada Khususnya Alhamdulillah GRATIS

Demikian sedikit tips dari saya, semoga lancar dan dipermudah oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Jangan lupa doain ane juga ya… he he

Ohya ini blangko persyaratan pindah penduduk (asli scan dari Capil Kulon Progo)

Blanko permohonan masuk penduduk

Tinggalkan Balasan

